Jumat, 15 Juni 2012

Renang

Olahraga Air ini saya pelajari pada semester 1 ,2 dan 3 ...
Saya sendiri tiddak begitu menyukai olahraga air karena olahraga ini di air susah dalam bernafas dan sering saya ketelan air. Tapi ujian Tes Olahraga Renang ini saya mendapat nilai A.  Sedikit cerita saya pada peerkuliah renang ini. Setiap minggu nya kami sudah harus berada jam 5 pagi di kolam renang , biasanya untuk pertemuan pertama dosen akan menjelaskan apa itu olahraga air, macam-macam gaya renang. Pada semester 1 kami hanya pengenalan dan membentuk fisik dengan gaya bebas. minggu pertama 2 kali bolak-balik lebar lapangan kolam renang, minggu depannya empat kali sampai terakhir final kami harus bisa menyeberangi lebar kolam renang yang kurang lebih 25 meter sebanyak 8 kali bolak-balik. Tidak semua bisa berenang ada hampir 5 orang pada angkatan saya yang tidak bisa berenang. Pada semester 2 kami di ajarkan satu demi satu gaya-gaya renang tidak memacu fisik tapi ketepatan gaya yang kami lakukan. Pada semester 3 kami memperdalam apa yang kami pelajari tentang olahraga air dengan akhir ujian kami membuat RPP dan mengajar teman sekelas tentang renang dengan gaya ada.


Renang

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

Failitas dan peralatan
Kolam renang : Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50m sementara lintasan pendek 25m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran olimpiade ditetapkan panjang kolam 50m dan lebar kolam 25m. Kedalam kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok star. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1,0 m.

Lintasan : Lebar lintasan palin sedikit 2,5m dengan jarak palin sedikit 0,2m di luar lintasan pertama dan lintasan terakhir. Masing-masing lintasan dipisahkan dengn tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan.

Pengkuran Waktu : Dalam perlombaan Internasional atau perlombaan yang penting, papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang dikedua sisi dinding kolam, tebal papan sentuh ini hanya 1 cm.

Balok star : Di setiap balok start terdapat pengeras suara untuk menyuarakan tembakan pistol start  dan sensor pengukur waktu yang memulai catatan waktu ketika perenang meloncat dari balok start.


Nomor Perlombaan :
Perlombaan renang terdiri nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh. Nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam olimpiade :
  • Gaya Bebas : 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m (putri) ,  1500 m (putra)
  • Gaya kupu-kupu : 100 m , 200 m
  • Gaya pungung : 100 m, 200 m
  • Gaya dada : 100 m, 200 m
  • Gaya ganti perorangan : 200 m dan 400 m
  • Gaya ganti estafet : 4 x 100 m
  • Gaya bebas estafet : 4 x 100 m, 4 x 200 m, 
  • Marathon 10 km
 Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomor-nomor renang :
  • Gaya bebas : 50 m, 100 m, 200 m, 400 m, 800 m, 1500 m
  • Gaya punggung : 50 m, 100 m, 200 m
  • Gaya dada : 50 m, 100 m, 200 m,
  • Gaya ganti perorangan : 100 m (hanya lintasan pendek), 200 m, 400 m
  • Gaya bebas astafet : 4 x 100 m, 4 x 200 m
  • Gaya ganti estafet : 4 x 100 m
Pada olahraga Air ini ada juga Renang Indah dan menyelam tapi di blog ini saya hanya berbagi mengenai renang.
Teknik dan gaya renang
  • Gaya dada : gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada mengahadap ke permukaan air, namun berbeda dari gaya bebas, batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Keadaan kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan di buka kesamping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat kedepan. 
  • Gaya bebas : Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakan jauh kedepan dengan gerakan mengayun, sementara kedua belah kaki bergantian dicambukkan naik turun keatas dan kebawah.Sewaktu berenang gaya bebas  , posisi wajah menghadap kepermukaan air. Dibandingkan gaya lain gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.
  • Gaya Punggung : Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap kepermukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas , tetapi dengan posisi tubuh telentang dipermukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakan menuju pinggang seperti geraakan mengayuh. Mulut dan hidung berada berada di luar air sehingga mudah mengambil dan membuang nafas dengan mulut atau hidung.
  • Gaya kupu-kupu : Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang kebawah dan keatas seperti seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup melalui mulut ketika kepala berada di luar air.
Dari beberapa gaya renang di atas, gaya renang yang paling saya suka adalah gaya punggung, karena menurut saya gaya punggu itu mudah dilakukan dan dalam pernafasan pun lebih baik dari gaya yang lain. Sedangkan gaya yang sulit ketika ujian saya lakukan adalah gaga dada, karena gaya ini memerlukan oksigen lebih banyak, kita menyelam muncul kepermukaan dan menyelam lagi, bahkan gaya ini bisa saya lakukan agak tetapi lebih lambat di banding teman-teman saya yang lain. Tetapi kata dosen saya bukan kecepatan tapi kebenaran dalam melakukan gaya renang tersebut.

1 komentar: