Sabtu, 16 Juni 2012

Atletik untuk nomor Lari

Kali ini saya akan mencoba menulis tentang Olahraga ATLETIK untuk nomor lari saja ...
Pengalaman pribadi saya tentang olahraga ini pernah ikut POPPROV ketika saya SMA kelas XI , saya sebagai atlet lari jarak jauh 5000m.
Atletik ini menurut saya olahraga yang begitu banyak nomor-nomor di dalamnya. Tapi saya sendiri sangat menyukai olahraga atletik ini dalam nomor mana saja di banding olahraga lain. Saya juga pernah mengikuti seleksi tingkat PORKAB dalam nomor lari jarak jauh walau hanya menjadi juara dua. Untuk lompat sendiri saya juga sangat suka karena badan saya kecil dan agak ringan walau dalam bidang lompat sendiri saya tidak pernah berprestasi lebih selain nilai terbaik dikelas saya.
Saat semester pertama pelajaran atletik ini kami mempelajari jalan cepat. Menurut saya jalan cepat tidaklah mudah, padahal mendengar kata jalan cepat terasa begitu mudah. Jalan cepat ini baru saya pelari di bangku kuliah,  dengan teknik harus berjalan cepat seperti melayang dengan langkah kaki sejajar membuat paha saya penet cukup 2 putaran stadion sudah membuat saya lelah. Bidang atletik ini kami pelajari selama 3 semester , kebetulan dosen yang mengajar kami memiliki wawasan dan beliau juga atlet dalam bidang olahraga atletik.

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien.
ATLETIK
Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang artinya "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang di perlombakan di olimpiade
Organisasi untuk olahraga atletik di indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). 
Cabang olahraga ATLETIK ini disebut sebagai induk atau ibu dari olahraga. Nomor yang diperlombakan dalam atletik ada beberapa macam, diantaranya adalah lari, lempar, lompat, dan tolak. 
Untuk nomor lari sendiri di bagi menjadi :

  • Lari jarak pendek                 : 100m, 200m, 400m
  • Lari jarak menengah             : 800m, 1500m
  • Lari jarak jauh                      : 3000m, 5000m, 10.000m
  • Lari Marathon                      : 42,195 km
Ada banyak cabang yang dilombakan dalam olahraga atletik ini. Berikut ini cabang-cabang olahraga atletik yang biasa dilombakan :
  • Olahraga Lintasan
  • Lari Jalanan
  • Lomba Jalan Cepat
  • Olahraga Lapangan ( meliputi nomor lompat dan lempar)
Dalam bidang lari ini memiliki MACAM - MACAM STRAT
a. Start berdiri (Flting Start)
b. Start melayang (Flying Start)
c. Start Jongkok (Cruched Start.

Start berdiri untuk lari jarak menengah atau jarak jauh, dengan aba-aba "bersedia" aba-aba "siap" mengambil sikap kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang , tidak menginjak garis start , badan condong kedepan.
Ketika aba-aba "ya" mulai berlari.

Start melayang dilakukan hanya untuk pelari ke II, III dan IV dalam lari estapet 4 x 100 m.

Start jongkok digunakan pada lari jarak pendek dengan aba-aba :
  • Bersedia
  • Siap
  • Ya atau bunyi pistol pelari mendorongkan kaki ke batok start dan bersamaan dengan itu kaki belakang digerakkan kedepan dalam keadaan lutut tertekuk.
Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.
jarak pada lari estafet : 4 x 100m, 4 x 200m, 4 x 400m dan 4 x 800m.

Olahraga atletik ini menurut saya merupakan dasar dari dasar kita bergerak, berlari, melompat, melempar, anak kecil yang belajar berlari mereka sudah belajar atletik, di banding olahraga lain olahraga atletik ini ada disekitar kita. Harapan saya semoga para pelajar mempunyai minat di bidang olahraga ini tidak hanya di sepak bola, bola voli dan bulu tangkis ^_^

 




1 komentar: